PSP Sejarah FKIP Unlam Banjarmasin

Wadah Ekspresi Sivitas Akademika

Dwi Setiowati

SATUAN PELAJARAN

Mata pelajaran :Sejarah
Kelas/semester :XII/1
Materi :Negara-negara Boneka Bentukan Belanda
Standar kompetensi :menganalisis perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya Orde Baru
Kompetensi dasar :menganalisis perjuangan bangasa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948, DI/TII, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI)

Tujuan pembelajaran :
a. Agar siswa mengetahui daerah-daerah yang pernah dijadikan negara boneka oleh Belanda.
b. Siswa dapat menjelaskan latar belakang pembentukan negara boneka oleh Belanda
c. Siswa mengetahui perkembangan negara boneka buatan Belanda di saat masa sekarang dari internet dan sumber lainnya.

Metode pembelajaran :
Siswa saling memberitahukan informasi yang diketahuinya kepada temannya tentang negara-negara boneka bentukan Belanda dan perkembangannya sekarang.

Strategi pembelajaran :
Siswa dibagi dalam tujuh kelompok sesuai dengan jumlah negara boneka bentukan Belanda. Masing-masing kelompok menjelaskan dan memberitahukan informasi tentang tugasnya ke depan kelas dengan mengunakan plastic transparan dan juga letak negara boneka dan wilayah kekuasaannya di peta.

Sumber dan media yang digunakan :
a. Buku Sejarah untuk SMA kelas XII, KTSP, Erlangga
b. Internet
c. Peta
d. OHP

Penjelasan materi pelajaran :
Kemerdekaan Republik Indonesia secara simbolik dimulai pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada tanggal tersebut dikumandangkannya proklamasi kemerdekaan Indonesia oleh Ir. Soekarno di Gedung Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta. Namun pada kenyataannya penjajahan masih terjadi di Indonesia, di daerah-daerah terpencil masih ada tentara Jepang yang bercokol di Indonesia.

Setelah proklamasi tersebut bangsa Indonesia berusaha mendapatkan pengakuan dunia internasional. Negara yang pertama mengakui kemerdekaan RI adalah negara Arab Saudi. Pada awal kemerdekaan kehidupan bangsa Indonesia belum stabil baik dibidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Keadaan Indonesia yang tidak stabil ini dimanfaatkan oleh Belanda untuk menguasai Indonesia. Dengan “menumpangi” NICA yang dimiliki Sekutu, Belanda berhasil masuk kembali ke Indonesia. Belanda tidak rela begitu saja mengakui kemerdekaan Indonesia, karena mereka masih ingin menguasai Indonesia untuk menguras habis kekayaan Indonesia.

Pada saat itu dunia internasional menentang adanya penguasaan dan penjajahan kepada suatu bangsa. Sehingga Belanda tidak dapat lagi melakukan cara yang sama untuk menguasai Indonesia. Mereka mencari cara lain untuk menguasai Indonesia lagi. Mereka bersandiwara mengakui kemerdekaan RI, tapi dalam setiap kesempatan mereka berusaha menguasai Indonesia. seperti dalam perjanjian-perjanjian yang diadakan antara Indonesia-Belanda. Seperti dalam perjanjian Linggarjati, Indonesia-Belanda membentuk negara RIS dengan wadah Uni Indonesia-Belanda yang diketuai oleh Ratu Belanda. Belanda juga membagi Indonesia menjadi 16 negara bagian yang di dalamnya termasuk RIS. Belanda juga membentuk negara-negara boneka yang nantinya dapat digunakan Belanda untuk menguasai Indonesia kembali. Negara-negara boneka buatan Belanda sekarang menjadi daerah-daerah yang besar dan terkenal di Indonesia.

Evaluasi : Essay
1. Mengapa Belanda membentuk negara boneka dan apa manfaatnya bagi Belanda ?
2. Menurut anda, pembentukan negara boneka tersebut membawa dampak baik atau dampak buruk bagi perkembangan daerah tersebut dimasa sekarang. Sertakan alasannya !

About these ads

30 September 2007 - Posted by | Uncategorized

2 Komentar »

  1. PROGRAM SATUAN PELAJARAN

    Mata Pelajaran : Sejarah
    Pokok Bahasan : Proklamasi 17 Agustus 1945
    Kelas / Program : XII / IPS
    Semester : Ganjil
    Waktu : 7 x 45 menit
    SMA : SMA Negeri Banjarmasin

    I.Tujuan Umum
    Menganalisis peristiwa sekitar proklamasi 17 Agustus 1945

    II. Materi, Sumber / Bahan / Alat dan Alokasi Waktu
    No.
    Sub Pokok Bahasan
    Sumber/Bahan/Alat
    Alokasi Waktu
    1.

    2.
    1. Proklamasi 17 Agustus 1945
    1.1 Upaya persiapan kemerdekaan Indonesia di bidang politik
    1.2 Perumusan naskah proklamasi
    1.3 makna proklamasi bagi bangsa Indonesia

    Ulangan Harian
    Sumber :
    Buku paket sejarah SMA kelas XII, penerbit Erlangga
    Buku paket sejarah kelas XII, penerbit PT. Pabelan.
    Loebis Aboe Bakar (1995). Kilas balik revolusi kenangan, pelaku dan saksi. Jakarta. Penerbit Universitas Indonesia.
    Bahan :
    LKS/gambar-gambar, transparan, floppy disk.
    Alat :
    OHP, LCD, Laptop

    2 x 45 menit

    2 x 45 menit

    2 x 45 menit

    1 x 45 menit

    Mengetahui Banjarmasin, 1 Oktober 2007

    Ayies Haris Zaky Mubarak
    Nim : A1A10520

    Komentar oleh HARIS ZAKY MUBARAK | 2 Oktober 2007 | Balas

  2. ok

    Komentar oleh teguh | 14 Desember 2009 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: